Senin, 26 Oktober 2009

P3K DARI ALAM

Belakangan ini, makin banyak saja efek samping dari obat berbasis bahan kimia. Mulai dari ketagihan, keracunan,sampai beredarnya obat palsu. Makanya banyak orang yang beralih pengobatan tradisional dengan cara menggunakan tanaman obat. Sebagai awal, coba pakai beberapa tip berikut ini untuk pengobatan darurat yang mudah. Terima kasih alam
Batuk
Batuk adalah salah satu penyakit yang paling sering mampir akibat perubahan cuaca yang amburadul. Selain minum obat batuk, ada cara tradisional yang cukup familiar untuk di coba. Salah satunya dengan meminum campuran jeruk nipis dan kecap. Tapi hati-hati bagi yang penyakit maag karena asam jeruk bisa menyebabkan maag kambuh.
Masuk Angin
Bukan orang Indonesia kalau nggak kenal masuk angina he…he..he..Gejala kelelahan yang bikin sekujur badan pegal-pegal ini, memang sering dating tak diduga. Masuk angi ditandai dengan rasa ngilu di sekujur tubuh dan meriang. Biasanya orang Indonesia menangani ini denga kerokan, yang kadang bikin kita meringis kesakitan. Padahal ada cara yang lebih mudah dan praktis lho.Yaitu dengan minum jahe, karena dapat dipercaya mem-block serotonin, yaitu zat yang membuat perut berkontraksi hingga terasa mual.
Luka Terbuka
Lagi asyik jogging, tiba –tiba jatuh dan lutut terluka ??Jangan di biarkan terlalu lama, karena bisa menimbulkan infeksi. Kalau biasanay kita mengobati dengan obat merah, maka cara tradisionalnya adalah menggunakan lamtoro, atau di kenal dengan petai cina. Atau juga bisa mengoleskan getah lidah buaya.
Keseleo
Penting buat yang jarang olahraga, nihh!! Otot yang kaku karena jarang olahraga cenderung lebih mudah keseleo ( terkilir ). Nah..saat keseleo, biasanya kita lansung berfikir untuk memanggil tukang urut. Padahal, cara tradisionalnay juga ada kok untuk meringankan sakitnya keseleo. Caranay dengan beras kencur. Tapi bukan yang sudah jadi jamu.

0 komentar:

Posting Komentar